Memakan Korban, Usut Tuntas Dugaan Penipuan Calo Tenaga Kerja Di PT. RAP

  • Share

Jakarta,Globalnews7.id– Banyaknya praktek percaloan sering kerap terjadi di republik Indonesia dengan modus dan cara yang berbeda. Ada yang menggunakan cara yang baik dan ada juga kotor demi keuntungan pribadi.

Bermula dari tawaran dengan iming – iming perkerjaan di sebuah perusahaan dengan nama PT. RAHAYU AJENG PERKASA (PT. RAP) yang beralamat di Jl. KH Noer Ali kp.cibuntu RT 002 RW 002 Kelurahan desa cibuntu, kecamatan Cibitung kabupaten Bekasi.17520 , ada beberapa calon tenaga kerja yang diduga kuat telah di tipu oleh oknum Calo Tenaga Kerja, yakni Andhi Reza selaku pimpinan di PT RAP, dan Rudy sebagai perwakilan ormas yang bekerjasama dengan PT RAP.

Menurut keterangan dan surat Kronologi kejadian yang masuk ke redaksi rajawalionline.com tanggal (19/02/24), bahwa telah terjadi dugaan tindak pidana penipuan yang di lakukan oleh oknum PT Rahayu Ajeng Perkasa (PT. RAP).

Dalam surat kronologi yang di tulis korban Yuwana Dafiq Wicaksana menjelaskan, adanya tindakan dengan sengaja dan terang benderang telah melakukan upaya penipuan dengan adanya ingkar janji atas kesepakatan yang telah di janjikan.

Yuwana menerangkan, bahwa PT Rahayu Ajeng Perkasa telah melakukan penipuan terhadap 3 orang korban tenaga kerja dengan total kerugian 16 juta rupiah dengan bukti-bukti terlampir.

Yuwana mengatakan, PT RAP diwakilkan oleh Andhi Reza dan Rudy Firmansyah terindikasi tidak bertanggung jawab terhadap calon tenaga kerja yang sudah membayar sejumlah uang, dengan janji paling lama 2 bulan untuk proses tanda tangan kontrak.

“ Sampai saat ini belum juga tanda tangan kontrak di perusahaan manapun, terhitung sudah masuk bulan keempat dari awal pembayaran. Dan ketika diminta untuk pengembalian dana, PT. RAP (Rahayu Ajeng Perkasa) tidak juga mengembalikan dana yang sudah masuk dari 3 orang calon tenaga kerja yang saya bawa, “ Ungkap Yuwana.

Berikut detail aliran dana masuk ke PT. RAP (Rahayu Ajeng Perkasa) a/n Rudy Firmansyah dengan bukti transfer terlampir :

  1. Ramadhoni Irwana Yuda Hasibuan : 4,5 Juta Rupiah transfer ke Rudy Firmansyah
  2. Miskandar : 4 Juta Rupiah transfer ke Rudy Firmasyah
  3. Raja Darma Bhakti : 4,5 Juta Rupiah transfer ke Rudy Firmansyah
    Selain aliran dana masuk ke rekening Rudy Firmansyah, calon tenaga kerja tersebut juga membayar sejumlah uang tambahan :
  4. Ramadhoni Irwana Yuda Hasibuan 1,5 Juta Rupiah transfer ke Andhi Reza
  5. Raja Darma Bhakti 1,5 Juta Rupiah transfer ke Andhi Reza.

Selain itu, masih menurut Yuwana, bahwa ada 5 orang dari kelompok Sri Widiawati dan Moh Abdul Muarif yang diduga juga telah menjadi korban atas dugaan tindakan penipuan oleh PT RAP dengan total kerugian Rp. 21 juta rupiah dengan ijazah masih tertahan.

Akibat tidak ada itikad baik dari pihak PT RAP, Yuwana berencana melaporkan prihal dugaan penipuan tersebut kepada pihak yang berwajib agar bisa di usut tuntas sesuai hukum yang berlaku.

“ saya akan lapor ke polsek cikarang, dengan pihak korban lainnya. Ini lagi nunggu para korban dan data lainnya untuk laporan, “ ucap Yuwana dengan harapan ada keadilan.

Sampai berita ini di turunkan, tim redaksi rajawalionline.com akan terus memantau, mengawasi, dan mengikuti perkembangan atas laporan dugaan tindak pidana penipuan tersebut.

(Red/tim)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *