PT TPL BERUSAHA MEMPENGARUHI WARGA KAMPUNG PARBULU, UNTUK MEMPERPANJANG SHGB DI PARBULU , KABUPATEN TOBA SELUAS 20 HEKTAR

  • Share
Warga parbulu makan enak dan ada yg diberikan proyek oleh PT TPL

(Direktur operasional pt tpl rapat dg pdt faber manurung dan ganda sirait lbh gardanasional didepan direktur bkpm)

26/06/2022
Tapanuli-globalnews7.id

Salam Minggu dan salam sejahtera buat seluruh warga BATAK TAPANULI, rakyat Indonesia dan seluruh warga dunia…!

Sehubungan dengan Penderitaan yang masih terjadi di BATAK Tapanuli, TERKHUSUS di Perampasan hak atas tanah adat di kampung Parbulu, perlu kami sampaikan, baik sebagai
KORBAN LANGSUNG, DAN MEWAKILI KETURUNAN OMPU SINTA MANURUNG, dan juga dari beberapa LEMBAGA-LEMBAGA, yaitu BHINTARA MUDA WASKITA dan LBH Garda Nasional (Ganda Sirait SH), menyampaikan:
1. Telah terjadi rapat di kementerian investasi BPKM RI pada tanggal 31 Mei 2022, yang dipimpin oleh Bapak Sapto sebagai seorang direktur di kementerian investasi BPKM.Direktur investasi BKPM pak sapto dan warga parbulu pdt faber manurung didampingi LBH GARDA nasional ganda sirait.(direktur investasi bkpm pak sapto dan warga parbulu faber manurung didampingi ganda sirait dirketur lbh garda nasional)
Dalam rapat tersebut turut hadir Direktur PT Toba Pulp Lestari (Jandres Silalahi) dari lembaga Bhintara Muda Waskita dan LBH Garda Nasional. Dengan terang dijelaskan
a. Segala perangkat dan keabsahan tanah adat kampung Parbulu yang sudah ada selama 132 tahun lebih, dan keturunan Ompu Sinta manurung yang telah mendiaminya jauh sebelum Indonesia merdeka.
b. Saham kepemilikan PT TPL adalah secara tidak langsung ada dibawah kendali Sukanto Tanoto yang bermukim di Singapura.
c. Pengakuan direktur PT Toba Pulp Lestari, setelah ditanya tentang tanah adat warisan Parbulu, adalah, bukan Tanah PT Toba Pulp Lestari. Kemudian saling mencek beberapa dokumen penting baik dari Parbulu maupun dari PT Toba Pulp Lestari yang disaksikan langsung oleh Bapak Sapto sebagai pimpinan rapat.
d. Kementerian investasi BPKM menyatakan langsung segera meminta menghentikan pembangunan di tanah Parbulu, terutama PENEMBOKAN PAKSA YANG TERUS DILAKUKAN.

2. Setelah jelas adanya pernyataan di rapat kementerian investasi BPKM, kami Lembaga Bhintara Muda Waskita bersama LBH Garda Nasional (Ganda Sirait, SH), langsung menindak lanjuti ke kementerian ATR BPN RI, dan akhirnya bersama sama BPN menyepakati dan menandatangani tentang pencabutan HGU/HGB TPL yang masih berlangsung sampai 2026, dan tidak lagi memperpanjangnya…! (terlampir)

3. Kami dari lembaga Bhintara Muda Waskita bersama LBH Garda Nasional (Ganda Sirait SH) meminta kepada pihak-pihak terkait (Terutama instansi dan lembaga Kementerian BPN RI, kementerian lingkungan hidup/KLHK, Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, Komisi Pemberantasan Korupsi, Kepolisian (POLRI), KEMENTERIAN POLHUKAM, Kementerian investasi BPKM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Kementerian Luar negeri, Kemenko Marvest, KOMNAS HAM, KOMNAS perempuan, Kemenkumham, Kemendagri,
dengan segera MENGEKSEKUSI pengembalian HAK RAKYAT, dan MENGAKHIRI PENDERITAAN RAKYAT selama 34 tahun.

4. Kami dari lembaga Bhintara Muda Waskita (Pdt Faber S Manurung STh MSc MM) dan LBH Garda Nasional (Ganda Sirait SH), meminta Bapak Presiden Joko Widodo dan seluruh aparat pemerintahnya segera melakukan PENEGAKAN KONSTITUSI dan aturan undang-undang yang berlaku di negara Indonesia, berlaku juga di wilayah BATAK TAPANULI, TERKHUSUS di kampung Parbulu.
Tindaklah para pelaku pelanggar konstitusi dan aturan undang-undang yang telah menyebabkan RAKYAT BATAK TAPANULI menderita selama 34 tahun, TERKHUSUS PT Toba Pulp Lestari yang telah menindas dan menyiksa hak hidup warga Parbulu keturunan Ompu sinta manurung.

warga parbulu diajak makan enak dan ada yg dapat proyek dr pt tpl.

Demikian press release dari kami:
1. Keturunan Ompu Sinta manurung kampung Parbulu desa Banjar ganjang kecamatan Parmaksian kabupaten Toba
2. Lembaga Bhintara Muda Waskita (Pdt Faber S Manurung STh MSc MM)
3. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GARDA NASIONAL JAKARTA (Ganda Sirait, SH)
embaga

(Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *